Lencana Facebook

Thursday, July 10, 2008

C Class GA 235

Bagi yang sering bepergian menggunakan pesawat pasti sudah sangat familiar dengan istilah itu. Bagi yang tidak pernah atau jarangpun akan menjadi sangat familiar jika menjadi sering bepergian menggunakan pesawat. Enggak percaya? Coba aja deh!

C Class menggambarkan kelas penerbangan bisnis atau executive sedangkan GA 235 adalah kode penerbangan Garuda Indonesia jurusan Semarang Jakarta yang berangkat setiap hari jam 9.20.

Lantas apa hubungannya kode itu dengan saya? Kode itu hanya untuk mengingat-ingat saja bahwa saya berangkat ke Jakarta menggunakan pesawat itu dan kelas penerbangannya diupgrade ke kelas bisnis. Saya sangat terkesan dengan pengalaman dan pelayanan sepenuh hati crew darat dan awak kabin Garuda Indonesia.

Sebenarnya saya memegang tiket ekonomi Y class (baca : yengki class), menurut cerita itu adalah tiket ekonomi termahal. Harga dasarnya (fare) 528 rb belum termasuk fuel surcharge, asuransi dan ppn. Total harga tiket kira-kira Rp 840 rb. Mahal banget ya? Salah satu keuntungan pemegang tiket ini adalah perubahan jadwal tidak dikenakan tambahan biaya.

Saya datang ke bandara Ahmad Yani kira-kira jam 8.40-an dan langsung ambil tiket boarding. Petugas yang melayani namanya Mbak Rini. Dengan ramah dia menyapa dan kemudian dengan cekatan mencatatkan namaku di komputer dan memberikan boarding pass kelas ekonomi seat 8E. Seperti yang telah saya ceritakan sebelumnya, sebagai pemegang kartu GFF Gold, saya bisa akses di executive lounge garuda. Cukup secangkir teh dan 4 macam makanan kecil sebagai pengusir rasa kantuk. Lumayan kenyang juga ya!!!!

Kira-kira 20 menit sebelum berangkat, mbak Rini mendatangiku dan berkata “Maaf pak Akhmad, boarding pass anda saya ganti dengan yang warnanya biru”. Horee!!! Boarding pass kelas executive khan warna biru sedangkan kelas ekonomi warnanya hijau. Seakan membaca pikiranku, dia dengan senyum yang selalu mengembang menerangkan karena kelas ekonomi overbooked maka saya diupgrade ke C Class.

Jadilah saya terbang ke Jakarta dengan executive class. Kelas ini memiliki kabin yang lebih lapang dan hanya 2 seat setiap rownya. Ada welcome drink berupa orange juice. Sebelum awak kabin membagikan snack dia akan memberikan handuk hangat untuk cuci tangan dan cuci muka. Putih bersih!!! Snack yang dibagikan berbeda dengan yang di kelas ekonomi. Makanan disajikan menggunakan dining set, lengkap dengan lap tangan, sendok & garpu, pisau pemotong, pembersih gigi dan gelas tentunya. Makanannya hampir sama dengan yang kelas ekonomi, yang membedakan cuma coklatnya, disini Tobleron.

Pas keluar pesawat para awak kabin akan mengucapkan terimakasih khusus dengan menyebut nama penumpang kelas bisnis. Sentuhan kecil yang sangat personal. Sangat fokus pada pelanggan.

Hari ini, dari puluhan penerbangan yang telah kulakukan menjadi terasa sangat singkat, nyaman dan nikmat!!! (Jakarta, 09 Juli 2008)

No comments: